Ruang edukatif untuk belajar nilai-nilai Pancasila secara kritis, mendalam, dan kontekstual bagi pelajar dan pendidik Indonesia.

Senin, 25 Agustus 2025

Tanya Jawab Seputar Hubungan Pancasila dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Berikut adalah 10 soal uraian untuk menggali kompetensi bernalar kritis siswa berdasarkan Hubungan Pancasila dengan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.


Soal 1

  • Jelaskan kedudukan Pancasila dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945!
  • Mengapa Pembukaan UUD tidak boleh diubah?

Jawaban:

  • Pancasila tercantum secara eksplisit dalam alinea keempat Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, menjadikannya sebagai dasar negara dan sumber dari segala sumber hukum.
  • Pembukaan UUD tidak boleh diubah karena di dalamnya terkandung dasar negara Pancasila dan tujuan nasional Indonesia. Perubahan terhadapnya dianggap mengubah landasan berdirinya negara.


Soal 2

  • Jelaskan hubungan antara Pancasila dan batang tubuh UUD NRI Tahun 1945!
  • Berikan contoh pasal UUD yang mencerminkan nilai Pancasila!

Jawaban:

  • Pancasila menjadi dasar nilai yang mengilhami isi dan semangat pasal-pasal dalam batang tubuh UUD NRI Tahun 1945.
  • Contohnya Pasal 29 ayat (1) mencerminkan sila pertama, yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa”.


Soal 3

  • Mengapa Pancasila disebut sebagai “roh” dan UUD sebagai “jasad”?
  • Jelaskan makna pernyataan tersebut dalam praktik bernegara!

Jawaban:

  • Karena Pancasila mengandung nilai-nilai dasar yang menjadi jiwa dari aturan-aturan yang tertuang dalam UUD.
  • Artinya, seluruh hukum dan kebijakan dalam UUD harus berlandaskan nilai-nilai luhur Pancasila.


Soal 4

  • Apa fungsi Pancasila dalam sistem hukum nasional?
  • Bagaimana seharusnya hukum Indonesia disusun agar sesuai dengan Pancasila?

Jawaban:

  • Pancasila berfungsi sebagai sumber dari segala sumber hukum nasional.
  • Hukum harus mencerminkan nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial.


Soal 5

  • Jelaskan bagaimana nilai Pancasila dijabarkan dalam UUD NRI Tahun 1945!
  • Berikan dua contoh pasal UUD yang merujuk langsung pada sila Pancasila!

Jawaban:

  • Nilai-nilai Pancasila dituangkan dalam pasal-pasal UUD untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Pasal 27 ayat (2) tentang hak atas pekerjaan → sila kedua; Pasal 22E tentang pemilu → sila keempat.


Soal 6

  • Apa akibatnya jika peraturan perundang-undangan tidak berlandaskan Pancasila?
  • Berikan contoh nyata dampak dari kebijakan yang tidak mencerminkan nilai Pancasila!

Jawaban:

  • Akan terjadi ketimpangan, ketidakadilan, dan bisa menimbulkan konflik sosial.
  • Misalnya, kebijakan pembangunan yang tidak merata dapat menciptakan ketidakadilan sosial (bertentangan dengan sila kelima).


Soal 7

  • Jelaskan tujuan negara dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945!
  • Bagaimana nilai-nilai Pancasila mendukung pencapaian tujuan tersebut?

Jawaban:

  • Tujuan negara: melindungi segenap bangsa, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dan ikut menjaga perdamaian dunia.
  • Tiap sila mendukung aspek tersebut, misalnya sila kedua dan kelima mendorong keadilan dan kesejahteraan.


Soal 8

  • Mengapa penting bagi generasi muda memahami hubungan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945?
  • Bagaimana penerapannya di lingkungan sekolah?

Jawaban:

  • Agar generasi muda tidak hanya memahami hukum secara formal, tetapi juga nilai yang melandasinya.
  • Contoh: mengadakan musyawarah dalam pemilihan ketua kelas sebagai wujud penerapan sila keempat dan prinsip demokrasi.


Soal 9

  • Jelaskan bagaimana nilai Pancasila memengaruhi sistem demokrasi Indonesia!
  • Apa yang membedakan demokrasi Pancasila dengan demokrasi liberal?

Jawaban:

  • Demokrasi Indonesia menekankan pada musyawarah, mufakat, dan keadilan sosial, bukan sekadar suara terbanyak.
  • Demokrasi Pancasila mengutamakan kepentingan bersama dan nilai kekeluargaan; demokrasi liberal cenderung individualistik.


Soal 10

  • Apa yang dimaksud Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum?
  • Bagaimana cara siswa menunjukkan penghormatan terhadap nilai ini?

Jawaban:

  • Artinya, semua peraturan hukum harus sesuai dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.
  • Siswa bisa menunjukkan penghormatan melalui sikap jujur, adil, tidak diskriminatif, dan aktif dalam kegiatan demokratis di sekolah.

Share:

0 Comments:

Posting Komentar

Website Translator

Blog Archive

Visitors